Sunday, December 18, 2016

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Terbebas Dari Hutang

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Terbebas Dari Hutang Hutang adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan rumah tangga.... thumbnail 1 summary
Cara Mengatur Keuangan Keluarga

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Agar Terbebas Dari Hutang

Hutang adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan rumah tangga. Hutang bisa muncul karena beberapa alasan. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan hidup ataupun hanya sekedar untuk berfoya-foya saja. Jika hutang sudah melilit keluarga Anda tentu hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena bisa lama kelamaan bisa membuat keadaan keuangan keluarga menjadi terganggu dan bisa semakin terlilit banyak hutang. Apakah keluarga Anda juga memiliki hal demikian? Jika benar sebaiknya Anda membaca informasi berikut yang membahas tentang cara mengatur keuangan keluarga agar cepat bebas dari lilitan hutang.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan agar tidak semakin terlilit hutang adalah sebagai berikut:

  • Jika Anda memiliki hutang sebaiknya segera bayar ketika Anda menerima gaji. Jangan biasakan untuk membayar hutang dengan hutang yang lain. Karena inilah yang membuat Anda semakin terlilit hutang.

  • Apabila belum membutuhkan sangat-sangat, lebih baik jangan berlangganan kartu kredit terlebih dahulu. Ini justru membuat hutang Anda semakin menumpuk. Belum lagi ditambah bunga kartu kredit yang lumayan tinggi.

  • Saat membayar hutang, sebaiknya bayarkan tepat waktu. Selain bisa mengurangi hutang, membayar tepat waktu juga bisa menghindarkan Anda dari denda yang diberlakukan.

  • Batasi pengeluaran yang tidak penting pada keluarga Anda. Agar lebih mudah Anda juga bisa membuat catatan skala prioritas.
Terpenting dari semua hal diatas adalah Anda harus bisa hidup dan mengelola keuangan keluarga sesuai dengan pendapatan yang dimiliki. Jangan memaksakan untuk hidup mewah apabila pendapatan yang diperoleh tidak sesuai. Sebaiknya kesampingkan gengsi yang Anda miliki. Alangkah lebih baik jika Anda lebih mementingkan kebutuhan daripada keinginan. Memenuhi kebutuhan pasti akan mencapai batasnya. Berbeda dengan memenuhi keinginan yang sampai kapanpun tak akan pernah ada batasnya.

Daripada digunakan untuk memenuhi keinginan, alangkah lebih baik jika Anda mengatur keuangan keluarga tersebut ke dalam tabungan. Karena tabungan lebih menjanjikan untuk kehidupan Anda beberapa tahun mendatang. Selain itu tabungan juga memberlakukan sistem pemberian suku bunga. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan Anda bukan? Sekian tips ini dan semoga dengan adanya tips ini Anda bisa terbantu untuk oleh cara mengurangi hutang yang dimiliki.

No comments

Post a Comment